Sifat Seorang Pengusaha Sukses Dalam Bisnis

Sifat Seorang Pengusaha Sukses Dalam Bisnis


Jika anda sudah menemukan sebuah peluang usaha dan ingin menjadi sukses dalam bidang tersebut, maka perlulah kiranya di ketahui apa sifat yang harus dimiliki oleh seorang Pengusaha agar usaha yang dirintis dengan susah payah dapat berhasil sesuai yang diharapkan.
Sifat Seorang Pengusaha Sukses Dalam Bisnis

Berikut ini adalah sifat-sifat yang mesti dimiliki oleh seorang pengusaha, yuk simak dan pahami dengan seksama

1. Percaya Diri (PD). PD disini bukanlah Perusahaan Dagang lho

Kepercayaan diri merupakan paduan dari sikap dan keyakinan seseorang dalam menghadapi segala tugas maupun pekerjaan, baik yang bersifat internal, sangat relatif dan dinamis dan banyak ditentukan oleh kemampuannya untuk memulai, melaksanakan serta menyelesaikan suatu pekerjaan. Kepercayaan diri sangat berpengaruh terhadap gagasan, karsa, inisiatif, kreativitas, keberanian, ketekunan, semangat kerja, kegairahan dalam berkarya. Kunci dari keberhasilan di dalam bisnis adalah untuk memahami diri sendiri. Maka dari itu, seorang pengusaha yang sukses adalah pengusaha yang mandiri serta memiliki rasa percaya diri yang kuat.

2. Berorientasikan Tugas dan Hasil

Seorang Pengusaha harus selalu mengutamakan tugas serta hasil adalah orang yang selalu mengutamakan nilai-nilai motif berprestasi, berorientasi pada laba, ketekunan, dan kerja keras. Dalam kewirausahaan, peluang dapat dimiliki apabila sikap inisiatif. Perilaku inisiatif umumnya bisa didapat melalui pengalaman dan pengembangannya diperoleh dengan cara disiplin diri, berpikir kritis, tanggap, bergairah, dan semangat berprestasi.

3. Berani Mengambil Risiko

Suatu satu hal utama dalam memulai membuat sesuatu yang baru adalah berani mengambil risiko untuk melakukan sesuatu yang belum pernah dilakukan sebelumnya. Inovasi atau kebaruan tidak akan muncul jika kita melakukan hal-hal yang sudah dilakukan oleh orang lain, dan tidak berani melakukan hal-hal yang belum pernah kita lakukan. Wirausahawan adalah orang yang lebih menyukai kegiatan usaha yang lebih menantang untuk mencapai kesuksesan atau kegagalan daripada usaha yang kurang menantang atau biasa dilakukan oleh orang pada umumnya. Wirausahawan menghindari situasi risiko yang rendah karena tidak ada tantangan dan menjauhi situasi risiko yang tinggi karena ingin berhasil. Pada situasi dan kondisi seperti ini, ada dua jenis alternatif yang harus dipilih, yakni alternatif yang menanggung risiko dan alternatif yang konservatif.

4. Kepemimpinan

Kepemimpinan adalah sikap yang dimiliki oleh seorang pimpinan perusahaan, organisasi, lembaga, dan lain sebagainya  perlu memiliki visi dan misi yang jelas, memiliki integritas serta kejujuran, mampu berkomunikasi dengan baik dengan orang sekitarnya, menjadi teladan bagi bawahan, rendah hati, mau mendengar pendapat orang lain, mampu memotivasi orang lain untuk melakukan tugasnya dan bersikap adil. Seorang wirausahawan harus memiliki sifat kepemimpinan, kepeloporan, keteladanan. la selalu menampilkan produk dan jasa-jasa baru dan berbeda sehingga ia menjadi pelopor baik dalam proses produksi maupun pemasaran dengan teknik yang berbeda dengan saingan serta selalu memanfaatkan perbedaan sebagai suatu yang menambah nilai.

5. Keorisinalitas/Keaslian

Keaslian ide, gagasan, pemikiran dan keputusan dapat diperoleh dengan keluasan wawasan dan kemampuan berpikir kreatif, serta melihat peluang yang ada. Orisinalitas muncul dari kemampuan untuk selalu menuangkan imajinasi dalam pekerjaannya, keinginan tampil berbeda atau selalu memanfaatkan perbedaan, memiliki sikap mental yang positif serta meningkatkan daya pikir kreatif dalam menciptakan sesuatu yang baru. Karya orisinal juga hanya dapat dihasilkan oleh wirausahawan yang memiliki keahlian di bidangnya serta rajin mencoba hal-hal baru yang inovatif.



6. Berorientasi ke Masa Depan

Masa depan memiliki berbagai peluang serta tantangan yang berbeda dengan saat sekarang. Seorang dengan jiwa kewirausahaannya berani menangkap peluang dan tantangan tidak hanya pada waktu sekarang, tetapi juga pada masa yang akan datang. Salah satu indikator atau ciri-ciri seseorang memiliki jiwa entrepreneurship atau jiwa kewirusahaan adalah mampu membuat usaha bisnis sendiri, menjadi wirausahawan. Wirausaha dalam bidang teknologi transportasi dan logistik, bisa menjadi seorang wirausaha yang menghasilkan produk, wirausahawan penjual produk ataupun wirausaha yang memberikan jasa perbaikan produk teknologi transportasi dan logistik. Keberhasilan wirausahawan adalah pada waktu usahanya dapat membuahkan keuntungan atau laba, mampu mempekerjakan banyak orang, memberikan bagi lingkungan sekitarnya, serta dapat memberikan kontribusi bagi kemajuan bangsa dan negaranya.

Sumber di rangkum dari :  Wirausaha Kerajinan dengan Inspirasi Budaya Nonbenda